Sejarah Gunung Serelo

Sejarah Gunung Serelo

Gunung Serelo atau bisa disebut Bukit Telunjuk atau Gunung Jempol merupakan ikon dari kota Lahat, sum-sel, indonesia. Bukit telunjuk adalah nama yang paling dikenal oleh masyarakat hal ini memang tertuju pada bentuk dari bukit itu sendiri yang berbentuk seperti telunjuk. terlepas dari itu semua bukit telunjuk memiliki banyak cerita unik di dalamnya seperti sejarah dari bukit telunjuk yang sampai saat ini masih menjadi tanda tanya baik dari masyarakat setempat maupun dari para peneliti.
Adapun mitos dan cerita mistis dari bukit telunjuk ini yang berkembang dari daerah masyarakat setempat adalah bahwasannya bukit telunjuk merupakan stupa candi peninggalan pada masa kerajaan sriwijaya dimana cerita itu menyebutkan sejarah pada masa itu yang dipimpin oleh Raja Cudamaniwarmadewa, dan menurut percakapan batin secara gaib oleh seorang dukun dengan Raja Cudamaniwarmadewa atau biasa disebut Raja si gentar alam menyebutkan bahwa bukit telunjuk adalah sebuah candi tempat ia berolah ilmu kanuragan ketika ia menjadi murid dari Dhapunta Hyang.


Adapun cerita sejarah bukit telunjuk bersumber dari (stella).
yang menceritakan asal usul gunung telunjuk.

Cerita:
Pada zaman dulu di sebuah desa hiduplah seorang ibu dan anaknya, dengan kehidupan yang sangat miskin namun anak dari seorang ibu itu memiliki kebiasaan yang sangat aneh, anak itu selalu ingin makan ikan setiap harinya dan sifat dari anak itu yang sangat durhaka pada orang tua membuat keadaan kehidupan mereka semakin sengsara,
Pada suatu ketika sang ibu pergi kesungai mencari ikan untuk makan anaknya yang hampir setiap hari ia ambil ikannya namun lama-kelamaan ikan yang ada disungai pun habis, lalu sang ibu pun kebingungan dan berkata pada anaknya "nak...ikan disungai sudah habis bagaimana kalau untuk beberapa hari ini kamu tidak makan ikan dulu.?" anak itu pun menjawab "kalau tidak dengan ikan aku tidak mau makan" ucap anak itu.

Sang ibu pun bingung denga sikap anaknya itu, lalu ibu pun pergi kehutan dan dalam hati ibu pun berkata "Tuhan..kenapa anak ku tidak ingin makan selain dengan ikan..? ikan disungai pun sudah habis". lalu sambil menangis ibu pun berkata "seandainya aku bisa jadi gunung yang menunjuk kearah anak ku.

Tanpa disadari perkataan ibu itu pun menjadi kenyataan dan terkabul sang ibu pun menjadi gunung yang berbentuk telunjuk, lalu sang anak pun mencari ibunya dan pergi kehutan dan ia menemukan gunung dan di gunung itu terdapat benda milik ibunya, lalu sang anak pun sadar kalau gunung itu ibunya. anak itu pun menangis dan berteriak-teriak meminta maaf pada ibunya sambil membentur-benturkan kepala dan akhirnya anak itu pun mati. selesai

Kebenaran dari cerita di atas memang belum dajadikan fakta yang sesungguhnya terjadi, namun kita bisa mengambil sisi positif dari kejadian itu.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca isi blog kami , untuk melihat informasi lainya anda dapat membaca dan mengikuti informasi-informasi kami lainnya.

Sejarah Gunung Serelo - Sejarah Besemah

Previous Post
Next Post

post written by: