Fungsi, Type Dan Jenis Spul Pada Motor

Fungsi, Type Dan Jenis Spul Pada Motor

 Fungsi, Type Dan Jenis Spul Pada Motor


Fungsi, Type Dan Jenis Spul Pada Motor - Bagi para pecinta motor fungsi spul motor bukan hal yang baru lagi untuk di bahas, namun disini mungkin masih ada teman-teman yang belum begitu paham akan fungsi dan jenis-jenis spul pada motor. Ada pun Fungsi spul pada motor adalah untuk menghasilkan energi listrik pada motor yang dibutuhkan seluruh electrical motor termasuk mengisi daya aki pada motor anda. Spul juga menghasilkan arus listrik yang berupa AC (Alternating Current).

Komponen pada spul adalah berupa lilitan kawat tembaga dan memiliki jumlah tertentu, dari jumlah lilitan kawat tembaga itu juga mempengaruhi besar atau kecilnya tegangan pada spul.

Adapun Type dan Jenis-jenis spul pada motor ialah:

Spul Motor Basah Dan Spul Motor Kering

1. Spul Motor Basah

Spul Motor Basah merupakan Spul yang basah terendam oleh oli motor dan karena spul ini terendam oleh oli motor itu menjadi kelebihan tersendiri pada spul basah seperti spul tidak akan cepat panas, spul akan menjadi lebih awet dan tahan lama, magnet pada spul juga tidak akan berkarat.

Namun Spul basah juga memiliki kekurangan seperti, putaran nya akan menjadi sedikit lebih berat karena oli, arus nya pun juga kurang akurat.

Adapun beberapa contoh motor yang memakai spul basah antara lain motor thunder, motor tiger, motor vega, motor shogun, motor karisma dan masih banyak lagi.

2. Spul Motor Kering

Spul Motor Kering merupakan spul yang tidak terendam oleh oli motor.

Kelebihan dari spul motor kering ini antara lain, putaran akan menjadi lebih ringan, arus yang dihasilkan pun menjadi lebih akurat, spul magnet juga akan lebih bersih.

Namun Spul kering juga memiliki kekurangan seperti kurangnya pendinginan pada spul, spul juga memiliki kemungkinan mudah terbakar, dan magnet lebih mudah berkarat.

Ada beberapa motor yang memiliki spul kering seperti motor Supra X, motor Prima, Motor Grand, termasuk motor-motor 2 tak dan lain nya.


Previous Post
Next Post

post written by: