Tutorial Membuat Jam Digital dengan Delphi 2010

Tutorial Membuat Jam Digital dengan Delphi 2010

Tutorial Membuat Jam Digital dengan Delphi 2010

Cara Mudah Membuat Jam Digital dengan Delphi 2010 - Baiklah kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat jam digital dengan menggunakan delphi 2010, memasang sebuah jam digital pada suatu aplikasi memang tidak diharuskan, tetapi tidak salah kiranya jikalau kita sedikit berkreasi dengan tampilan pada aplikasi yang kita buat. Jam digital ini bisa kita jadikan pilihan untuk mempercantik aplikasi yang kita buat.

Baiklah untuk mempersingkat waktu, kita langsung saja menuju ke lembar kerja kita untuk membuat jam digital pada aplikasi delphi, perhatikan langkah-langkah dibawah ini:

1. Langkah pertama buka Delphi, lalu buat project baru. Lalu pasang beberapa komponen-komponen yang diperlukan seperti gambar dibawah ini:

Komponen-komponen:

  • TTimer1
  • TTimer2
  • TPanel1
  • TLabel1

2. Untuk penempatan Tlabel1 harus berada di atas TPanel1.

3. Kamu bisa merubah Font untuk TLabel1 sesuai dengan selera dan keinginan kamu, buat semenarik mungkin. karena nantinya jam digital yang kita buat akan tampil tepat di TLabel1.

4. Selanjutnya pengaturan pada Properties TPanel1, Kosongkan properties Caption, lihat gambar dibawah ini:


5. Ganti Properties BevelInner menjadi bvLowered. dan ganti BevelOuter menjadi bvSpace. perhatikan gambar dibawah:

6. Langkah terakhir adalah coding atau source code nya, klik dua kali atau double klik pada TTimer1 lalu ketikkan code berikut:

label1.Caption := TimeToStr(Time);

7. selanjutnya double klik pada TTimer2, lalu ketikkan code dibawah ini:

if label1.Left=-1000 then

label1.Left:=1000;

Tutorial Membuat Jam Digital dengan Delphi 2010 Selesai, simpan lalu jalankan aplikasi yang kita buat dengan cara klik tombol run.

Selamat Mencoba..!!!


Previous Post
Next Post

post written by: