Kota Palembang

Kota Palembang



Kota Palembang 
Moto Palembang : "Bersih-Aman-Rapi-dan-Indah" BARI
Luas kota palembang : 434,50 km2 
Kota Palembang adalah ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan.
Kota palembang dikenal dengan julukan Bumi Sriwijaya karena dahulu kala berdiri Kerajaan Sriwijaya yang terkenal sebagai kerjaan maritim terbesar pada masanya. Di luar,Palembang juga dijuluki Venice of the East "Venezia dari Timur"
Wisata
Kota Palembang
  • Jembatan Ampera, landmark paling terkenal di Palembang ini telah berdiri sejak 1965. Dengan panjang 1,117 Km dan lebar 22 meter, jembatan ini membelah kota Palembang menjadi 2 bagian, Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Bisa dibilang jembatan ini menjadi urat nadi transportasi masyarakat Palembang. (foto dokumentasi Erdy Victor)

Kota Palembang

  • Pulau Kemaro, pulau yang terletak di tengah sungai musi ini biasanya ramai pada saat perayaan Cap Go Meh. Karena disini terdapat sebuah kelenteng Budha yang memiliki pagoda. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, dapat ditempuh melalui jalan air/sungai dengan memakai perahu motor tradisional memakan waktu sekitar 15 menit ataupun lebih cepat lagi memakai speed boat. 
Kota Palembang
  • Masjid Agung, bangunan bersejarah di kota Palembang ini menawarkan pesona wisata religi bagi umat muslim. Dibangun semenjak tahun 1738 pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badarudin I berkuasa, masjid yang dulunya memiliki 1 bangunan utama ini telah beberapa kali dipugar untuk memperbesar kapasitas tampung jamaahnya.

Selain wisata diatas, masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah yang dapat dijadikan potensi wisata macam Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badarudin II dan lain-lain.

Kota Palembang juga menawarkan berbagai macam bentuk pesona wisata lainnya, seperti kuliner khasnya yakni Pempek, Pindang, Mie Celor, Tekwan dan Model. Dan Palembang juga memiliki Kain Songket yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.
Kota Palembang  Kota Palembang


Previous Post
Next Post

post written by: