Kota Pagar Alam

Kota Pagar Alam



 

Moto : Besemah Kota Perjuangan 
Luas : 633,66 km persegi 
Jarak ke Ibukota Provinsi : 298 km 
Sekilas Pagaralam : cuaca di kota ini lumayan sejuk, karena letaknya di dataran tinggi di kaki Gunung Dempo. Potensi alam pegunungan yang bersih membuat kota ini sangat kaya dengan obyek wisata. Selain itu di kota Pagaralam juga terdapat banyak air terjun yang biasa disebut penduduk setempat dengan "curup/cughup".


Potensi Wisata: 

 

1. Gunung Dempo dan Areal Perkebunan Teh di Lereng Dempo, Dempo sebagai gunung berapi yang masih aktif menjadi pesona tersendiri bagi para para pendaki gunung. Ditambah pemandangan hamparan kebun teh yang memesona di sepanjang lerengnya serta didukung dengan suasana pegunungan yang sejuk menambah nuansa mengasyikkan sebagai tempat menghabiskan waktu libur. Pada PON di Sumatera Selatan yang lalu areal ini pun menjadi venue olahraga paralayang. 


 

2. Air Terjun Lematang Indah terletak di Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam. Air terjun ini tingginya 40 meter dan merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kota Pagar Alam. Jalan menuju lokasi air terjun ini dalam kondisi baik karena merupakan jalan utama Kabupaten, namun cukup banyak tikungan dan berliku-liku. Lokasinya terletak sekitar 10 Km dari pusat kota Pagar Alam. Jika ditempuh dari kota Palembang akan memakan waktu sekitar enam jam dengan jarak tempuh sekitar 298 Km. 

 
3. Air Terjun Curup Embun, terletak di kaki gunung dempo dan hanya 15 menit perjalanan dari kota dengan melalui jalan aspal yang mulus. debit air terjun tidak terlalu besar dengan 3 aliran air terjun.


Previous Post
Next Post

post written by: