Kabupaten Lahat

Kabupaten Lahat



 
Ibukota : Lahat 
Moto : Seganti Setungguan 
Luas : 4.076 km persegi 
Jarak ke Ibukota Provinsi : 276 km 
Sekilas Lahat : Sebelum memasuki Kota Lahat kita dapat melihat Bukit Serelo yang mana kelihatan seperti jari Jempol. Oleh Karenanya bukit ini disebut dengan Bukit Jempol. Kabupaten Lahat dialiri beberapa Sungai antar lain sungai musi, Lematang dan Kikin di samping itu juga terdapat Sungai kecil yang mengikuti aliran ke sungai yang besar. Di sebagaian tempat banyak penduduk yang hidup/tinggal di dekat sungai dan masih menggunakan dan bergantung pada jembatan sebagai transportasi mereka. 


Potensi wisata : 

1. Air Terjun Bidadari, pernah menjadi lokasi Syuting Pembuatan Film “Si Pahit Lidah” yang terkenal. Selain menyajikan keindahan alam yang alami, lokasinya pun tidaklah terlalu sulit untuk dicapai. Air Terjun Bidadari terletak di desa Karang Dalam Kecamatan Pulau Pinang kurang lebih 8 km dari kota Lahat. Disekitar lokasi air terjun tersebut, ada 3 Air Terjun lain (Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Sumbing dan air terjun Naga), yang dapat dinikmati dengan menyusuri aliran dari Air Terjun Bidadari. Kita bisa memulai dari bawah (Air Terjun Naga) sampai ke atas (Air Terjun Bidadari), atau sebaliknya. 


 
2. Bukit Serelo dan Pusat Pelatihan Gajah Perangai, terletak di kecamatan Merapi dan sudah ada lebih dari 20 tahun lamanya. Selain Way Kambas di Provinsi Lampung tempat ini juga merupakan salah satu penangkaran gajah yang ada di Indonesia. 


 
3. Taman Rekreasi Ribang Kemambang, merupakan tempat wisata buatan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lahat. Taman ini memiliki kolam, tapi lebih tepat disebut danau kecil karena cukup besar untuk sebuah kolam. Danau ini berisi ikan dan satwa air yang sering kita lihat. Untuk mencapai taman yang letaknya sekitar 1 kilometer dari pinggir Jalinteng dalam kota Lahat ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan angkot atau ojek yang sering mangkal, anda bisa langsung diantar ke tujuan ataupun juga dengan membawa kendaraan pribadi. 

Taman rekreasi Ribang Kemambang ini terdiri atas kolam pemancingan, kebun binatang mini, dan halaman rekreasi yang telah dihijaukan oleh pepohonan. Selain taman ini terdapat pula Taman Wisata sungai Lematang, dan Gua Seraman yang berlokasi di Kecamatan Lahat. 

4. Ribang Gayau di desa Kedaton Terkul, Air Terjun Curup Panjang, Air Terjun Karang Dalam di desa Pulau Pinang, Goa Laye di desa Karang Agung, Air Panas di desa Padang Pagun, Goa Mensanap dan Air Terjun di Lekung Daun di Kecamatan Pulau Pinang, 
5. Bukit Runcing di desa Sukaraja, Air Terjun Tebat Bukit di desa Gedung Agung Kecamatan Kota Agung, 
6. Air Terjun dan Air Panas, di Kecamatan Tanjung Sakti. 
7. Komplek Megalith, di desa Tinggi Hari. 


Previous Post
Next Post

post written by: